RENCANA PEMBELAJARAN ALTERNATIF ASKEB 1
RENCANA PENILAIAN ALTERNATIF
MATA KULIAH
ASKEB
I (ASUHAN KEBIDANAN KEHAMILAN)
OLEH
Indah
Setia Ningsih, Amd.Keb
Angkatan
Ke-IX
PROGRAM
APPLIED APPROACH (AA)
STIKES
AL-INSYIRAH PEKANBARU
2017
TUGAS DAN RUBRIK NILAI
Nama Mata
kuliah : Asuhan Kebidanan I ( Kehamilan)
SKS
: 4 (T=1 P=3)
Program
Studi :
D-III Kebidanan
Pertemuan
ke
: 1
Dosen
: Indah Setia Ningsih, Amd. Keb.
1.
TUJUAN
TUGAS:
Mahasiswa
menjelaskan dan melaksanakan asuhan kebidanan pada ibu hamil dengan benar
2.
URAIAN
TUGAS:
1.
Obyek
Garapan : pokok – pokok bahasan yang ada dalam mata kuliah Asuhan Kebidanan I
(Kehamilan).
2.
Batasan
yang harus dikerjakan :
Mencari
pokok – pokok yang ada dalam mata kuliah asuhan kebidanan I (Kehamilan)
meliputi substansi yang ada dalam pokok bahasan berikut, yang kemudian mencari
kasus terkait pokok bahasan dan yang terakhir adalah memasukkan manajemen
asuhan kebidanan yang dapat dilakukan. Adapun pokok – pokok bahasan adalah sbb:
1.
Tanda-tanda
kehamilan
2.
Tanda
pasti hamil
3.
Tanda
tidak pasti hamil
3.Metode / cara pengerjaan:
1. Merangkum
2. Menjawab evaluasi
3. Up-load
4.Deskripsi luaran tugas yang dihasilkan:
Makalah, ringkasan mengenai pokok
– pokok bahasan dalam materi kuliah asuhan kebidanan I (Kehamilan) diketik
komputer dengan font Times New Roman, font size 12, spasi 1.5 sebanyak 10
halaman.
1.
Kriteria
penilaian:
1.
Ketepatan
penjelasan baik untuk diskusi dan ringkasan.
2.
Kemampuan
komunikasi:
1.
Komunikasi
tertulis dalam bentuk bahasa resume yang mudah dipahami dan kerapian resume.
2.
Komunikasi
lisan dalam bentuk kejelasan bicara, mampu memberikan inspirasi kepada orang
lain, mudah dipahami, runtut.
3.
Ketepatan
menjawab evaluasi / test tertulis.
4.
Keberhasilan up
load
.
RUBRIK PENILAIAN
KRITERIA 1: KETEPATAN PENJELASAN
Dalam bentuk:
·
Diskusi
·
Ringkasan
·
Menjawab
evaluasi
·
Up-load
DIMENSI |
Sangat
Memuaskan (5) |
Memuaskan (4) |
Sesuai (3) |
Kurang
memuaskan (2) |
Tidak
memuaskan (1) |
Skor |
KELENGKAPAN
KONSEP |
Lengkap
dan integratif dengan jumlah referensi di atas 5 buku |
Lengkap
dengan jumlah refernsi di atas 5 buku |
Masih
kurang aspek yang belum terungkap dengan jumlah refernsi 3 – 5 buku |
Hanya
menunjukkan sebagian konsep saja dengan jumlah referensi 3 – 5 buku |
Tidak
ada konsep, jumlah refernsi di bawah 3 buku |
|
KEBENARAN
KONSEP |
Dijelaskan
dengan tepat, aspek penting tidak dilewatkan, analisanya membantu memahami
konsep |
Dijelaskan
dengan tepat, namun deskriptif |
Sebagian
besar konsep sudah terungkap, namun masih ada yang terlewatkan |
Kurang
dapat mengungkapkan aspek penting, tidak ada proses merangkum, hanya
men”cuplik” bagian saja |
Tidak
ada konsep |
KRITERIA 2.1: KOMUNIKASI TERTULIS: yang dinilai
bahasa makalah dan kerapian makalah dalam bentuk:
·
Ringkasan
/ resume
·
Makalah
untuk presentasi
DIMENSI |
Sangat
Memuaskan (5) |
Memuaskan (4) |
Sesuai (3) |
Kurang
memuaskan (2) |
Tidak
memuaskan (1) |
Skor |
BAHASA
RESUME |
Bahasanya
menarik dan` mampu memberikan inspirasi pembaca |
Bahasanya
dapat menambah informasi pembaca |
Bahasa
deskriptif sedikit menambah informasi pembaca |
Bahasa
deskriptif tetapi tidak dapat menambah informasi pembaca |
Tidak
ada hasil |
|
KERAPIAN
RESUME |
Resume
rapi, sangat menarik, menambah semangat orang untuk membaca hingga tuntas |
Resume
rapi, cukup menarik, namun tidak menambah semangat membaca |
Resume
rapi tetapi tidak menarik. |
Dijilid
biasa dan tidak menarik |
Tidak
dijilid, stapples saja atau malah tidak ada hasilnya |
KRITERIA 2.2: KOMUNIKASI LISAN: yang dinilai isi dan
pengucapannya, dalam bentuk:
·
Presentasi
·
Diskusi
DIMENSI |
Sangat
Memuaskan (5) |
Memuaskan (4) |
Sesuai (3) |
Kurang
memuaskan (2) |
Tidak
memuaskan (1) |
Skor |
ISI |
Menambah
wawasan, memberi inspirasi dan pendengar sdh merasa cukup |
Menambah
wawasan dan pendengar merasa cukup namun tidak memberi inspirasi |
Kurang
nambah wawasan shg pendengar harus mencari dari sumber lain |
Tidak
menambah wawasan apapun |
Isinya
salah |
|
PENGUCAPAN |
Runtut,
didukung data, menarik dan jelas sehingga pendengar sangat paham maksudnya |
Pendengar
paham, runtut, ada data, namun kurang menarik |
Pendengar
paham, ada data tetapi tidak runtut dan monoton |
Pendengar
setengah paham, tidak didukung data |
Diam,
tidak presentasi tetapi bila presentasi pendengar bingung / salah maksud |
KRITERIA 3: EVALUASI TERTULIS: yang dinilai adalah
ketepatan jawaban dan tata bahasa / tulisan, dalam bentuk:
·
Ujian
tulis
·
Remedial
DIMENSI |
Sangat
Memuaskan (5) |
Memuaskan (4) |
Sesuai (3) |
Kurang
memuaskan (2) |
Tidak
memuaskan (1) |
Skor |
KETEPATAN
JAWABAN |
Jawaban
tepat, sistematis. |
Jawaban
tepat, sistematis |
Jawaban
ada yang salah. |
Jawaban
kurang tepat. |
Tidak
ikut ujian |
|
TATA
BAHASA DAN TULISAN |
Tata
bahasa benar dan jelas, tulisan rapi. |
Tata
Bahasa kurang jelas, tulisan kurang rapi |
Tata
bahasa benar, jelas. Tulisan rapi. |
Tata
bahasa tidak jelas, tulisan tidak rapi. |
Tidak
ada tulisan |
TUGAS DAN RUBRIK NILAI
Nama Mata kuliah
: Asuhan Kebidanan I ( Kehamilan)
SKS
: 4 (T=1 P=3)
Program
Studi
: D-III Kebidanan
pertemuan
ke
: II
Dosen
: Indah Setia Ningsih, Amd. Keb.
TUJUAN TUGAS:
Mahasiswa menjelaskan dan
melaksanakan asuhan kebidanan pada ibu hamil dengan benar
1.
URAIAN
TUGAS:
1.
Obyek
Garapan : pokok – pokok bahasan yang ada dalam mata kuliah Asuhan Kebidanan I
(Kehamilan).
2.
Batasan
yang harus dikerjakan :
Mencari
pokok – pokok yang ada dalam mata kuliah asuhan kebidanan I (Kehamilan)
meliputi substansi yang ada dalam pokok bahasan berikut, yang kemudian mencari
kasus terkait pokok bahasan dan yang terakhir adalah memasukkan manajemen
asuhan kebidanan yang harus dilakukan. Adapun pokok – pokok bahasan adalah sbb:
1.
Pemeriksaan
diagnostic ibu hamil
2.
Pemeriksaan
laboratorium ibu hamil
3.
Pemeriksaan
fisik ibu hamil
4.
3.Metode / cara pengerjaan:
1.
Diskusi
2.
Up-load
4.Deskripsi luaran tugas yang dihasilkan:
Diskusi , ringkasan mengenai
pokok – pokok bahasan dalam materi kuliah asuhan kebidanan I (kehamilan)
masing-masing kelompok yang telah dibagi mendemonstrasikan langkah-langkah
dalam pemeriksaan laboratorium ibu hamil dan mahasiswa yang lain melakukan
penilaian.
1.
Kriteria
penilaian:
1.
Ketetapatan
penjelasan baik untuk diskusi dan ringkasan.
2.
Kemampuan
komunikasi:
1.
Komunikasi
tertulis dalam bentuk bahasa artikel dan analisis yang mudah dipahami dan
kerapian artikel.
2.
Komunikasi
lisan dalam bentuk kejelasan bicara, mampu memberikan inspirasi kepada orang
lain, mudah dipahami, runtut.
3.
Ketepatan
menjawab evaluasi / test tertulis.
4.
Keberhasilan up
load.
RUBRIK PENILAIAN
KRITERIA 1: KETEPATAN PENJELASAN
Dalam bentuk:
·
Diskusi
·
Artikel
·
Menjawab
evaluasi
·
Up-load
DIMENSI |
Sangat
Memuaskan (5) |
Memuaskan (4) |
Sesuai (3) |
Kurang
memuaskan (2) |
Tidak
memuaskan (1) |
Skor |
KELENGKAPAN
KONSEP |
Lengkap
dan integratif dengan jumlah referensi di atas 5 artikel |
Lengkap
dengan jumlah refernsi di atas 5 artikel |
Masih
kurang aspek yang belum terungkap dengan jumlah refernsi 3 – 5 artikel |
Hanya
menunjukkan sebagian konsep saja dengan jumlah referensi 3 – 5 artikel |
Tidak
ada konsep, jumlah refernsi di bawah 3 artikel |
|
KEBENARAN
KONSEP |
Dijelaskan
dengan tepat, aspek penting tidak dilewatkan, analisanya membantu memahami
konsep |
Dijelaskan
dengan tepat, namun deskriptif |
Sebagian
besar konsep sudah terungkap, namun masih ada yang terlewatkan |
Kurang
dapat mengungkapkan aspek penting, tidak ada proses merangkum, hanya
men”cuplik” bagian saja |
Tidak
ada konsep |
KRITERIA 2.1: KOMUNIKASI TERTULIS: yang dinilai
bahasa makalah dan kerapian makalah dalam bentuk:
·
Analisis
Artikel
·
Kliping
artikel untuk presentasi
DIMENSI |
Sangat
Memuaskan (5) |
Memuaskan (4) |
Sesuai (3) |
Kurang
memuaskan (2) |
Tidak
memuaskan (1) |
Skor |
BAHASA
RESUME |
Bahasanya
menarik dan` mampu memberikan inspirasi pembaca |
Bahasanya
dapat menambah informasi pembaca |
Bahasa
deskriptif sedikit menambah informasi pembaca |
Bahasa
deskriptif tetapi tidak dapat menambah informasi pembaca |
Tidak
ada hasil |
|
KERAPIAN
RESUME |
Artikel
rapi, sangat menarik, menambah semangat orang untuk membaca hingga tuntas |
Artikel
rapi, cukup menarik, namun tidak menambah semangat membaca |
Artikel
rapi tetapi tidak menarik. |
Dijilid
biasa dan tidak menarik |
Tidak
dijilid, stapples saja atau malah tidak ada hasilnya |
Pekanbaru, 2 Januari 2017
Penanggung
Jawab Mata Kuliah
Asuhan Kebidanan Kehamilan
Indah Setia Ningsih, Amd.Keb
PORTOFOLIO
MATA KULIAH
ASKEB
I KEHAMILAN
AKADEMI KEBIDANAN
SALMA
SIAK SRI INDRAPURA
T.A 2017
PORTOFOLIO
MATA KULIAH
ASKEB I KEHAMLAN
1)
IdentitasDiri
Nama :
Sri Rahayu
NIM :
20131020
Mata Kuliah :
ASKEB I Kehamilan
Dosen :
Indah Setia Ningsih, Str.Keb
Semester :
III
Tugastentang : perubahan fisik, konsep dasar asuhan
kehamilan, ragam isi makalah, makalah, resensi, essai
Kesan danPesan : Mata kuliah ASKEB I Kehamilan menjadi mata
kuliah yang menyenangkan, materi yang diajarkan dapat diterima, serta suasana
dan metode mengajar dibangun dengan sangat baik.
2)
Materi
yang telahdipahami
a. Ragam
isi makalah
b. Paragraf,
daftar pustaka, kutipan (makalah)
c. Resensi
d. Essai
3)
Materiyang
belum dipahami
a. Perubahan
fisik dalam asuhan kebidanan kehamilan
b. Konsep
dasar asuhan kehamilan
KEHAMILAN
Kehamilan
adalah pertemuan persenyawaan antara sel telur (ovum) dan sel mani (sperma)
a.
Kehamilan lamanya 280 hari atau 40 minggu ata 10 bulan (lunar
month).
1) Kehamilan yang
berlangsung antara 23-36 minggu disebut kehamilan premature.
2) Kehamilan yang
berlangsung antara 37-42 minggu disebut kehamilan matur.
3) Sedangkan bila
kehamilan terjadi lebih dari 34 minggu disebut post matur
c. Proses
kehamilan merupakan mata rantai yang berkesinambungan dan terdiri dari
1) Ovulasi atau
pelepasan ovum
2) Terjadi
imigrasi sperma dan ovum
3) Terjadi
konsepsi dan pertumbuhan zigot
4) Terjadi nidasi
(implantasi pada uterus)
5) Terjadi
pembentukan plasenta
6) Tumbuh kembang
hasil konsepsi sampai aterm
d. Menurut tuanya
kehamilan dibagi atas 3 triwulan (trimester) yaitu :
1) Kehamilan
trimester pertama : 0-12 minggu
2) Kehamilan
trimester kedua : 12-28 minggu
3) Kehamilan
trimester ketiga : 28-40 minggu
(Muchtar,
Rustam, Sinopsis Obstetri)
2.1 Tanda-Tanda
Kemungkinan Hamil
a. Perut
membesar (pembesaran perut sesuai dengan usia kehamilan)
b. Uterus
membesar (terjadi perubahan dalam bentuk besar, dan konsistensi dari rahim)
c. Tanda
hegar (otot uterus lembek)
d. Tanda
chadwick (serviks dan vagina menjadi kebiruan)
e. Broxton-Hick
(kontraksi-kontraksi uterus bila dirangsang)
f. Teraba
ballotement
g. Reaksi
kehamilan positif
2.2 Tanda-Tanda
Tidak Pasti
a. Amenore
(tidak haid)
b. Morning
sickness (mual-mual dipagi hari)
c. Sering
kencing
d. Pembesaran
payudara
e. Membesarnya
perut
f. Pergerakan
anak yang pertama (Quickening)
2.3 Tanda-Tanda
Pasti Kehamilan (Tanda Positif)
a. Gerakan
janin yang dapat dilihat atau dirasa atau diraba, juga bagian-bagian janin (20
minggu)
b. Terdengar
detak jantung janin (18-20 minggu)
c. Terlihat
tulang-tulang janin dalam foto rongent
III. PERUBAHAN FISIK KEHAMILAN
a. Trimester I
- Rahim mulai membesar
- Vagina lebih banyak mengeluarkan cairan
- Payudara mulai membesar dan tegang serta pada daerah kalang
susu lebih menghitam
- Perubahan rasa tidak enak di ulu hati
- Terdapat bercak-bercak di muka
- Garis-garis perut
- Sering kencing
b. Trimester
II
- Rahim lebih membesar
- Pembuluh darah membesar (terkadang menimbulkan varises)
- Terjadi sembelit
- Sesak nafas
- Peningkatan aliran pembuluh darah pada vagina sehingga
gairah seksual meningkat
- Rasa ingin kencing walaupun keluarnya hanya sedikit
- Kenaikan BB sudah mulai terlihat
c.Trimester
III
- Rahim
lebih membesar dari pada Trimester II
- Lebih
terasa ingin kencing
- Kebanyakan
mengalami kesulitan bernafas
- Terjadinya
kenaikan berat badan dari pada Trimester sebelumnya
- Punggung
terlihat melengkung ke depan (Lordosis)
- Payudara
sudah mengeluarkan ASI
a. Trimester I
- Diarhea
- Nocturia (sering BAK)
- Ngidam
- Kelelahan
- Keputihan
- Mual muntah
- Sakit
kepala
b. Trimester
II
- Cloasma gravidarum
- Diarhea
- Oedema dependen
- Linea dan Striae gravidarum
- Gusi berdarah
- Hemoroid(Wasir)
- Keputihan
- Konstipasi
- Kram pada kaki
- Perut panas(Heart Burn)
- Perut kembung
- Pusing(Syncope)
- Sakit punggung atas dan bawah
- Varices
- Sakit kepala
c. Trimester III
- Diarhea
- Oedema dependen
- Nocturia(Sering BAK)
- Hemoroid(Wasir)
- Keputihan
- Perut kembung
- Pusing(syncope)
- Sakit punggung atas dan bawah
- Sakit kepala
I. Definisi
Asuhan kebidanan adalah aktifitas
atau interaksi yang dilakukan oleh bidan kepada klien yang membutuhkan atau mempunyai
permasalahan dalam bidang pengetahuan
Dalam memberikan asuhan kebidanan
pada klien, bidan menggunakan metode pendekatan dan pemecahan masalah dengan
difokuskan pada suatu proses sistematis dan analisis dalam memberikan asuhan
kebidanan. Kita menggunakan 7 langkah management kebidanan menurut Varney,
yaitu :
I. Pengkajian
II. Identifikasi
diagnosa, masalah dan kebutuhan
III. Identifikasi
diagnosa, dan masalah potensial
IV. Identifikasi
kebutuhan segera
V. Perencanaan
VI. Pelaksanaan
VII. Evaluasi
II. Management
Kebidanan Varney
I. Pengkajian Data
A. Data Subyektif
1. Biodata
a. Nama ibu
dan suami
Ditanyakan nama
dengan tujuan agar dapat mengenal / memanggil penderita atau ibu dan tidak
keliru dengan penderita-penderita yang lain.
b. Usia ibu dan
Suami
Hal ini
terutama untuk mengetahui keadaan ibu, terutama pada kehamilan pertma kali atau
primipara. Apakah ibu itu termasuk primipara biasa atau primipara tua, atau
untuk mengetahui apakah ibu mempunyai resiko tinggi atau tidak (umur < 16
tahun atau 35 tahun).
c. Agama
Hal ini
ditanyakan berhubungan dengan perawatan penderita atau kepercayaan klien dalam
beragama. Dalam keadaan yang gawat ketika memberikan pertolongan dan perawatan
dapat diketahui dengan siapa harus berhubungan, misalnya pada Islam memanggil
kyai, agama kristen memanggil pendeta/pastur.
d. Pendidikan
Untuk
mengetahui tingkat pengetahuan ibu dan suami sebagai dasar dalam memberikan
KIE.
e. Pekerjaan
Yang ditanyakan
pekerjaan suami dan ibu sendiri. Menanyakan pekerjaan ini untuk mengetahui
bagaimana taraf hidup dan sosial ekonomi penderita itu agar nasehat kita nanti
sesuai.
f. Suku bangsa
Untuk
mengetahui statistik tentang kehamilan. Mungkin juga untuk menentukan prognosa
kehamilan dengan melihat keadaan panggul. Misal wanita Asia dan Afrika biasanya
mempunyai panggul bundar dan normal bagi persalinan dan biasanya wanita dan
berat panggulnya ukuran melintang lebih panjang tetapi ukuran muka belakang
lebih kecil.
g. Alamat
Untuk
mengetahui ibu itu tinggal dimana, menjaga kemungkinan bila ada ibu yang
namanya bersamaan. Ditanyakan alamatnya agar dapat dipastikan ibu yang mana
yang hendak ditolong.
2. Status
perkawinan
Ditanyakan
kepada ibu itu berapa lama dan berapa kali kawin. Ini untuk membantu menentukan
bagaimana keadaan alat kelamin dalam ibu tersebut.
3. Keluhan utama
Keluhan yang
dirasakan oleh klien saat ini atau yang menyebabkan klien datang ke RS.
4. Riwayat
kebidanan
Ditanyakan
tentang keadaan menstruasi yang lalu kapankah menarche terjadi pada ibu, waktu
umur berapa? Untuk mengetahui keadaan kelamin dalam, normal atau tidak. Apakah
kalau datang menstruasi terasa amat sakit? Berapa lama menstruasi? Bagaimana
keluarnya? Kapan menstruasi yang akhir? Keterangan ini digunakan untuk membantu
diagnosa lamanya kehamilan dan untuk menduga kapankah kira-kira anak akan
dilahirkan.
5. Riwayat kehamilan, persalinan dan nifas
yang lalu
a. Kehamilan : Untuk mengetahui
apakah ibu sebelumnya pernah hamil berapa, saat hamil ada resiko atau penyakit
kehamilan atau tidak.
b. Persalinan : Meliputi jenis persalinan
ditolong siapa dimana dan bagaimana keadan bayi persalinan (BB/PB) waktu
persalinan ada penyakit atau tidak.
c. Nifas : Meliputi ada
tidaknya penyakit/gangguan selama masa nifas dan laktasi.
6. Riwayat kehamilan sekarang
Untuk
mengetahui apakah ibu pernah memeriksakan kehamilannya, dimana, sudah berapa
kali, keluhan saat hamil muda dan tua, mendapatkan suntik TT berapa kali,
penyuluhan apa saja yang pernah didapat.
7. Riwayat kesehatan yang lalu
Untuk
mengetahui apakah ibu pernah menderita penyakit salah satu faktor predisposisi
misal : myoma uteri.
8. Riwayat kesehatan keluarga
Untuk
mengetahui apakah dikeluarga mempunyai penyakit menurun dan menahun maupun
menular.
9. Pola kebiasaan sehari-hari
Untuk mengetahui
kebiasaan ibu yang dilakukan ibu selama hamil dan saat hamil
a. Pola nutrisi
Hal-hal yang
ditanyakan bagaimana nafsu makannya, berapa kali makannya dalam sehari, jumlah
minumnya, ditanyakan pola-pola makan selama hamil karena makanan dan minuman
merupakan salah satu faktor penting didalam pertumbuhan dan perkembangan janin
serta mempertahankan kondisi klien.
b. Pola eliminasi
Apakah ibu selama hamil dan sebelum hamil BAB/BAK ada
keluhan atau tidak lancar atau tidak, berapa kali frekuensi dalam 1 hari.
c. Pola aktifitas
Data yang perlu ditanyakan adalah bagaimana kegiatan sebelum
hamil dan saat hamil.
d.
Pola personal hygiene
Yang ditanyakan adalah bagaimana menjaga kebersihan tubuhnya
seperti : berapakali mandi dalam sehari, ganti baju dalam sehari, gosok gigi
dalam sehari, keramas dalam seminggu.
e.
Pola istirahat
Ditanyakan berapa jam tidur siang dan malam sebelum hamil
dan saat hamil.
10. Riwayat
psikososial
Yang ditanyakan
adalah bagaimana keadaan psikis saat ini, bagaimana hubungan klien dengan
keluarga dan tetangga, bagaimana tentang kehamilannya saat ini.
B. Data Obyektif
1. Pemeriksaan
fisik umum
a. Keadaan
umum
Untuk
mengetahui keadaan secara keseluruhan yaitu meliputi kesadaran, postur tubuh,
ara berjalan, raut wajah.
b. Tanda-tanda
vital
Untuk
mengetahui/mendeteksi dini adanya penyulit atau komplikasi
2. Pemeriksaan fisik umum
a. Inspeksi
Untuk
mengetahui kesimetrisan, kebersihan, serta keabnormalan dan kenormalan pada
tubuh yang meliputi : kepala, muka, mata, hidung, mulut/gigi, telinga, leher,
dada/payudara, ketiak, perut, anus, ekstrimitas.
b. Palpasi
Untuk
mengetahui ada tidaknya nyeri tekan, pembesaran kelenjar dan kekonsistensian.
Pemeriksaannya meliputi : leher, dada/payudara, perut.
c. Auskultasi
Untuk
mengetahui ada tidaknya bunyi yang normal/abnormal.
d. Perkusi
e. Untuk mengetahui reflek patella
positif/tidak
3. Pemeriksaan penunjang
Untuk membantu
dalam penentuan diagnosa dan pemberian pengobatan
II.
Interpretasi Data (Identifikasi Diagnosa dan Masalah)
Pada langkah ini dilakukan
identifikasi yang benar terhadap diagnosa dari data subyektif dan data obyektif
kemudian masalah dan kebutuhan saat itu.
1. Diagnosa
: GI P00000 UK 38 minggu, aterm, tunggal,
hidup, letak kepala, intra uteri, jalan lahir normal.
2. Masalah : muncul dari psiko, sosio, spiritual, culture dan
lain-lain
3. Kebutuhan
: - Istirahat yang cukup
-Tanda-tanda bahaya kehamilan TM III
-Gizi Ibu hamil
III.
Identifikasi Diagnosa dan Masalah Potensial
Untuk mengetahui/menentukan diagnosa/masalah potensial
berdasarkan interpretasi data yang benar atas data-data yang telah dikumpulkan.
IV.
Identifikasi Kebutuhan Segera
Untuk
mengetahui tindakan segera yang dibutuhkan untuk menangani adanya komplikasi
atau penyulit.
V. Perencanaan
Untuk menentukan tujuan, kriteria dari diagnosa yang
ditentukan kemudian menentukan rencana yang akan dilakukan.
VI. Pelaksanaan
Pelaksanaannya
sesuai dengan perencanaan.
VII. Evaluasi
Mengacu pada kriteria hasil
a. Ibu memahami
dan mengerti penjelasan yang diberikan petugas.
b. Pemeriksaan
kehamilan tidak ada kelainan.
ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU HAMIL Ny.R G1 Po Ao Aho
UMUR KEHAMILAN 36+6 MINGGU
DI BPM Ny. AYU
KLINIK BADARIAH SIAK
No.
Register : tidak
ada
Masuk
RS/PKM/BPM
Tanggal/Pukul :
20-05-2015/ 18:45 WIB
Dirawat di
ruang :
Pemeriksaan
I. PENGKAJIAN
DATA, Tanggal/Pukul : 20 mei 2015/18:45
WIB Oleh : Bidan
A. Biodata Ibu Suami
1. Nama : Ny.R Tn.B
2. Umur : 21
tahun 25 tahun
3. Agama :
islam islam
4. Suku/bangsa :
jawa,
Indonesia jawa, Indonesia
5. Pendidikan :
SLTP SMU
6. Pekerjaan :
IRT Swasta
7. Alamat :
Tambak
Boyo Tambak Boyo
B. Data
Subjektif
1. Alasan
datang/dirawat
Ibu
mengatakan ingin memeriksakan kehamilannya.
2. Keluhan
utama
Ibu
mengatakan kakinya bengkak
3. Riwayat
menstruasi
Menarche :
15
tahun Siklus :
28 hari
Lama :
5
hari Teratur :
teratur
Sifat
darah :
cair Keluhan :
tidak ada
4. Riwayat
perkawinan
Status
perkawinan : sah Menikah
ke : 1
Lama :
1 tahun Usia menikah
pertama kali : 20 tahun
5. Riwayat
obstetrik : G1 P0 A0 Ah0
Hamil ke |
Persalinan |
Nifas |
|||||||
Tanggal |
Umur kehamilan |
Jenis persalinan |
Penolong |
Komplikasi |
JK |
BB lahir |
Laktasi |
Komplikasi |
|
Tidak ada riwayat obstetrik |
|||||||||
6. Riwayat
kontrasepsi yang digunakan
Ibu
mengatakan belum pernah menggunakan alat kontrasepsi apapun.
7. Riwayat
Kehamilan Sekarang
a. HPM : 10-10-2014
b. ANC pertama umur
kehamilan : 6 minggu
c. Kunjungan ANC
Trimester I
Frekuensi : 2 kali
Keluhan : mual, muntah
Komplikasi : tidak ada
Terapi : asam folat, Fe
Trimester
II
Frekuensi : 2 kali
Keluhan : tidak ada
Komplikasi :
tidak ada
Terapi : tidak ada
Trimester III
Frekuensi : 4 kali
Keluhan : flu, demam
Komplikasi :
tidak ada
Terapi : calortusin
d. Imunisasi TT : 4 kali
TT 1 : kelas
1 SD
TT 2 : kelas
2 SD
TT 3 : kelas
3 SD
TT 4 : tanggal 01-01-2015
TT 5 : tanggal (belum dilakukan)
e. Pergerakan janin selama 24 jam(dalam
sehari)
Ibu mengatakan sudah
merasakan gerakan janin, gerakannya 12x/12 jam
8. Riwayat
kesehatan
a. Penyakit yang
pernah/sedang diderita (menular, menurun dan menahun)
Ibu mengatakan
tidak pernah atau sedang menderita penyakit menular (HIV/AID,Hepatitis
dll),menurun (asma,DM,hipertensi dll),menahun (ginjal,jantung dll).
b. Penyakit yang
pernah/sedang diderita keluarga (menular, menurun dan menahun)
Ibu mengatakan dari pihak keluarga ibu maupun suami tidak
pernah atau sedang menderita penyakit menular (HIV/AIDS,Hepatitis dll)menurun
(asma,DM,Hipertensi dll)dan menahun (ginjal,jantung dll)
c. Riwayat
keturunan kembar
Ibu mengatakan dari pihak ibu maupun pihak suami,tidak ada
riwayat kembar.
d. Riwayat operasi
Ibu mengatakan tidak memiliki riwayat operasi apapun.
e. Riwayat alergi
obat
Ibu mengatakan tidak mempunyai alergi terhadap obat apapun.
9. Pola pemenuhan
kebutuhan
Sebelum
hamil Saat hamil
a. Nutrisi
Makan
Frekuensi :
3 x/hari 3 x/hari
Jenis :
nasi, sayur, lauk nasi, sayur, lauk, buah
Porsi :
1
piring 1 ½ piring
Pantangan :
tidak ada tidak ada
Keluhan :
tidak ada tidak ada
Minum
Frekuensi :
5 x/hari 8 x/hari
Jenis :
air putih,
susu air
putih, susu
Porsi :
1 gelas 1
gelas
Pantangan : tidak
ada tidak ada
Keluhan :
tidak ada tidak ada
b. Eliminasi
BAB
Frekuensi :
1 x/hari 1 x/hari
Warna :
kecoklatan kecoklatan
Konsistensi :
lembek lembek
Keluhan :
tidak ada tidak ada
BAK
Frekuensi :
± 5 x/hari ± 9-10 x/hari
Warna :
kuning jernih kuning jernih
Konsistensi :
cair cair
Keluhan :
tidak ada tidak ada
c. Istirahat
Tidur
siang
Lama : 2 jam/hari 2 jam/hari
Keluhan : tidak ada tidak ada
Tidur malam
Lama : 7
jam/hari 8 jam/hari
Keluhan : tidak ada tidak ada
d. Personal
Hygiene
Mandi :
2 x/hari 2
x/hari
Ganti pakaian : 2
x/hari 2
x/hari
Gosok
gigi : 2
x/hari 2
x/hari
Keramas : 3
x/minggu 3
x/minggu
e. Pola seksualitas
Frekuensi : 2
x/minggu 2
x/minggu
Keluhan : tidak
ada tidak ada
f. Pola aktivitas
(terkait kegiatan fisik, olah raga)
Ibu
mengatakan aktivitas ibu sehari-hari mengerjakan pekerjaan rumh tangga,seperti
menyapu,masak,menyetrika dll.
Ibu
mengatakan ibu jarang berolahraga
Dan
kalau diluar rumah,ibu hanya mengikuti arisan dan pengajian.
10. Kebiasaan yang
mengganggu kesehatan (merokok, minum jamu, minuman beralkohol)
Ibu mengatakan tidak pernah
mengkonsumsi minuman beralkohol,jamu dan merokok.
11. Data psikososial,
spiritual dan ekonomi (penerimaan ibu/suami/keluarga terhadap kelahiran,
dukungan keluarga, hubungan dengan suami/keluarga/tetangga, perawatan bayi,
kegiatan ibadah, kegiatan sosial, keadaan ekonomi keluarga
Ibu
mengatakan sangat senang dengan kehamilannya karena kehamilan ini sudah
direncanakan
Ibu
dan keluarga sangat mendukung kehamilannya.
Ibu
mengatakan hubungan Ibu dan keluarga ibu dan suami rukun.
Ibu
mengatakan sudah mempersiapkan,biaya untuk persalinan nanti.
Ibu
mengatakan kalau bayinya lahir nanti akan di beri ASI saja.
Ibu
mengatakan selalu taat beribadah.
Ibu dan keluarga berharap semoga dalam persalinannya
berjalan normal dan tidak ada halangan suatu apapun.
12. Pengetahuan ibu
(tentang kehamilan, persalinan, nifas)
Ibu
mengatakan belum mengetahui tanda-tanda bahaya kehamilan
Ibu
mengatakan belum mengeahui persiapan persalinan dan tanda bahaya persalinan.
Ibu
mengatakan sudah tahu tentang cara menyusui yang benar.
Ibu
mengatakan belum mengetahui tanda-tanda bahaya kehamilan
Ibu
mengatakan belum mengeahui persiapan persalinan dan tanda bahaya persalinan.
Ibu
mengatakan sudah tahu tentang cara menyusui yang benar.
13. Lingkungan yang
berpengaruh (sekitar rumah dan hewan peliharaan)
Ibu
mengatakan lingkungan sekitar rumah bersih
Ibu mengatakan tidak memelihara hewan peliharaan.
C. Data
Objektif
1. Pemeriksaan
umum
Keadaan
umum : Baik
Kesadaran : Composmetis
Status
emosional : Stabil
Tanda
vital :
Tekanan
darah : 110/70 mmHg Nadi :
83 x/menit
Pernafasan :
20
x/menit Suhu :
36,7 °C
BB :
68
kg TB :
165 cm
2. Pemeriksaan
Fisik
Kepala :
mesocepal, rambut lurus, tidak ada ketombe,tidak mudah rontok.
Wajah : Tidak ada cloasma gravidarum, tidak ada oedem.
Mata : Bentuk simetris, tidak ada pembengkakan pada kelopak mata,
konjugtiva merah muda, sclera tidak pucat, penglihatan berfungi dengan baik,
keadaan bersih.
Hidung :
Bentuk simetris, keadaan bersih tidak ada pembesaran polip, berfungsi dengan
baik
Mulut :Tidak ada kelainan pada mulut, tidak ada stomatitis, keadaan
gigi bersih, tidak ada caries, dan tidak ada pembesaran tonsil
Telinga : Bentuk simetris, keadaan bersih, fungsi pendengaran baik.
Leher : Tidak ada pembesaran kelenjar thyroid, kelenjar limfe,
kelenjar parotis dan tidak ada pembengkakan vena jugularis
Dada : Bentuk simetris, pergerakan nafas teratur, tidak ada
benjolan abnormal
Payudara : Membesar simetris, puting susu menonjol,
hyperpigmentasi,tidak ada benjolan abnormal,kolostrum belum keluar, kedaan
bersih
Abdomen : Bentuk simetris membesar sesuai usia kehamilan, tidak ada
bekas operasi, keadaan bersih
Palpasi
Leopold
I : TFU
34 cm, pada fundus teraba lunak, bulat ,tidak melenting berarti bokong.
Leopold
II : perut
ibu sebelah kiri teraba lebar dan memberikan tahanan yang besar berarti
punggung. Perut ibu sebelah kanan teraba bagian kecil-kecil berarti
ekstremitas.
Leopold
III : bagian
terbawah janin teraba keras, bundar melenting berarti kepala.
Leopold
IV : kedua
tangan bertemu (divergen), kepala sudah masuk PAP
Osborn
test : tidak ada
Pemeriksaan Mc.
Donald
TFU : 34 cm TBJ : 3565 gr
Auskultasi
Djj : 140 x/menit
Ekstremitas Atas : bentuk simetris, tidak ada cacat, tidak ada oedem, keadaan
bersih, jari-jari tangan lengkap, ada gerak reflek.
Ekstremitas Bawah : bentuk simetris, keadaan bersih, oedem ringan, berfungsi
dengan baik, jari-jari lengkap, ada gerak reflek.
Genetalia luar : tidak ada pembesaran kelenjar batolini
Pemeriksaan
panggul: tidak ada pemeriksaan
3. Pemeriksaan
penunjang Tgl :
20-05-2015 Pukul : 18: 45WIB
Hb = 10 g%
4. Data
penunjang
tidak ada
II. INTERPRETASI DATA
A. Diagnosa
kebidanan
Ny.”R” umur
21 tahun G1 P0 A0, umur kehamilan 36+6 minggu normal
Data Dasar:
Data
Subjektif :
-ibu
mengatakan umur 21 tahun.
-ibu
mengatakan ini kehamilan yang pertama
-ibu
mengatakan HPHT 10 oktober 2015
Data
objektif=
KU= Baik
TD=110/70
mmHg Kesadaran
= Composmentis
N=
83x/menit R =
20x/menit
DJJ=
140X/menit S =
36,7º C
Palpasi leopold=
Bagian terbawah sudah masuk PAP
B. Masalah
Tidak ada
Data dasar
Tidak ada
III. IDENTIFIKASI
DAN ANTISIPASI DIAGNOSA POTENSIAL
Tidak ada
IV. TINDAKAN SEGERA
A. Mandiri
Tidak ada
B. Kolaborasi
Tidak ada
C. Merujuk
Tidak ada
V. PERENCANAAN Tanggal
:20 mei 2016 Pukul :18.45 WIB
1 .Beritahu ibu dan keluarga hasil pemeriksaan
2. Beritahu ibu tentang KIE gizi ibu hamil
3. Beritahu ibu tentang KIE ketidaknyamanan ibu hamil TM lll
4. Beritahu ibu tentang KIE persiapan persalinan
5. Beritahu ibu tentang KIE tanda bahaya kehamilan
6.Beritahu ibu tentang kunjungan ulang
VI. PELAKSANAAN Tanggal:20
mei 2016 Pukul :18.45WIB
1. Memberitahu
pada ibu dan keluarga hasil pemeriksaan yang telah dilakukan :
Tekanan
darah : 110/70 mmHg Nadi :
83 x/menit
Pernafasan :
20
x/menit Suhu :
36,7 °C
BB :
68 kg TB :
165 cm
2. Memberitahu
ibu tentang KIE gizi ibu hamil, apa saja makanan yang dianjurkan untuk ibu
hamil seperti daging, ikan, sayur-sayuran, buah-buahan dan juga memberitahu ibu
bagaimana cara membuat menu makanan yang seimbang dimana harus ada nasi, lauk,
sayur.
3. Memberitahu
ibu tentang KIE ketidaknyamanan ibu hamil TM lll, dimana seperti yang sedang
ibu alami saat ini yaitu bengkak. Memberitahu ibu cara mengatasi bengkak ini
yaitu dengan tidur kaki ditinggikan, duduk dengan kaki lebih tinggi dan juga
bisa dengan sering jalan-jalan.
4. Memberitahu
ibu tentang KIE persiapan persalinan yaitu mempersiapkan transportasi,
perlengkapan ibu dan bayi, biaya persalinan, dan juga donor darah supaya
apabila terjadi kegawat daruratan ibu tidak terlambat ditangani.
5. Memberitahu
ibu tentang KIE tanda bahaya kehamilan salah satunya yaitu bengkak yang tidak
hilang dengan istirahat, karena bisa jadi merupakan tanda-tanda preeklamsi
apabila diikuti dengan ketidaknyamanan fisik lainnya.
6. Memberiahu ibu
tentang kunjungan ulang,yaitu 2 minggu setelah kunjungan sekarang atau jika ada
keluhan segera datang ke petugas kesehatan terdekat
VII. EVALUASI Tanggal
:20 mei 2016 Pukul :18.45 WIB
1. Ibu mengerti
hasil pemeriksaan yang telah dilakukan
2. Ibu
mengerti dan paham penjelasan tentang bagaimana gizi ibu hamil
3. Ibu mengerti
dan paham penjelasan yang telah disampaikan tentang ketidaknyamanan ibu hamil
TM lll
4. Ibu
mengerti dan paham penjelasan yang telah disampaikan tentang persiapan
persalinan
5. Ibu
mengerti dan paham penjelasan yang telah disampaikan tentang tanda bahaya
kehamilan
6. Ibu
bersedia untuk kunjungan ulang
RUBRIK PENILAIAN PORTOFOLIO
MATA KULIAH ASKEB I KEHAMILAN
SEMESTER III 2017
No |
Elemen |
Skor Maks |
Penilaian |
||
I. Identitas |
|
Sendiri |
Teman |
Dosen |
|
1. |
Nama dicantumkan |
5 |
|
|
|
2. |
Seluruh Tugas dibubuhi tanda tangan dan tanggal |
5 |
|
|
|
3. |
Pemahaman mata kuliah di cantumkan |
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II.
Isi Portofolio |
|
|
|
|
|
1. |
Makalah/Power Poin Presentasi
Kelompok |
20 |
|
|
|
2. |
Tugas Resensi |
20 |
|
|
|
3. |
Tugas Essai |
20 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
III. Sistematika |
|
|
|
|
|
1. |
Portofolio
terorganisasi dengan baik dan lengkap |
25 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
J u m l a h S k o r
M a k s i m a l |
100 |
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN PORTOFOLIO PRAKTIK
MATA KULIAH ASKEB I KEHAMILAN
SEMESTER III 2017
Nama :
NIM :
Semester :
Nilailah setiap kinerja yang diamati
Kriteria Penilaian :
Nilai 1 : Langkah – langkah dikerjakan tapi tidak benar
Nilai 2 : Langkah – langkah dikerjakan
dengan benar tapi tidak berurutan
Nilai 3 : Langkah – langkah dikerjakan dengan benar tetapi
lambat ( tidak
efisien waktu )
Nilai 4 : Langkah – langkah dikerjakan
dengan benar, tepat dan efisien
LANGKAH |
1 |
2 |
3 |
4 |
NILAI |
||||
I. MENYAMBUT
IBU |
||||
1. Menyambu ibu dan seseorang yang menemani ibu |
||||
2. Memperkenalkan diri kepada ibu |
||||
3. menanyakan nama dan usia ibu |
||||
II. RIWAYAT
KEHAMILN SEKARANG |
||||
4. Keluhan umum |
||||
5. HPHTdan apakah normal |
||||
6. Gerakan janin |
||||
7.
Tanda-anda bahaya dan peyulit |
||||
8. Obat yag
dikonsumsi (termasuk jamu) |
||||
9. Kekhawatiran-kekhawatira khusus |
||||
III. RIWAYAT
KEHAMILAN YANG LALU |
||||
10. Jmlah kehamilan |
||||
11. Jumlah anak yang lahir hidup |
||||
12. Jumlah kelahiran premature |
||||
13. Jumlah Keguguran |
||||
14. Persalinan
dengan tindakan (operasi sesar, forsep, vakum) |
||||
15.
Riwayat perdarahan pada persalian atau pasca persalinan |
||||
16. Kehamilan
dengan tekanan darah tinggi |
||||
17. Berat bayi
< 2,5 kg atau > 4 kg |
||||
18. Masalah janin |
||||
IV. RIWAYAT KESEHATAN/PENYAKIT
YG DIDERITA SEKARANG & DULU |
||||
19. Masalah kariovaskuler |
||||
20. Hipertensi |
||||
21. Diabetes |
||||
22. Malaria |
||||
23. Penyakit/kelamin HIV/Aids |
||||
24. Imuisasi toxoid tetanus (TT) |
||||
25. Lainnya |
||||
V. RIWAYAT
SOSIAL EKONOMI |
||||
26. Status perkawinan |
||||
27. Respons ibu dan keluarga |
||||
28. Riwayat KB |
||||
29. Dukungan keluarga |
||||
30. Pengambil keputusan dalam keluarga |
||||
31. Gizi yag
dikonsumsi dan kebisaan makan, vitamin A |
||||
32. Kebiasaan
hidup sehat, merokok, minum minuman keras, mengkonsumsi obat
terlarang
|
||||
33. Beban kerja
dan kegiatan sehari-hari |
||||
34. Tempat dan
Petugas Kesehatan yang diinginkan untuk membantu persalinan |
||||
VI.
PEMERIKSAAN FISIK |
||||
1. Meminta pasien untuk mengosongkn kandung kemih
dan menampungnya di bengkok (urine mead stream) |
||||
2. Mencuci tangan |
||||
3. Menjelaskan
seluruh prosedur sambil melakukan pemeriksaan |
||||
4. Mengajukan pertanyaan
lebih lanjut untuk klarifikasi sambil melakukan pemeriksaan sesuai dengan
kebutuhn dan kelayakan |
||||
A. TANDA-TANDA
VITAL |
||||
5. Mengukur
tinggi dan berat badan |
||||
6. Mengukur teknan darah, nadi dan suhu |
||||
7. Meminta pasien untuk melepaskan pakaian dan
meawarkan kain linen untuk menutup tubuhnya (atau meminta pasien untuk
melonggarkan pakaiannya dan menggunakannya sebagai penutup tubuh |
||||
8. Membantu
pasien berbaring di meja/tikar tempat tidur pemeriksaan yang bersih |
||||
B.KEPALA DAN
LEHER |
||||
9.
Memeriksa apakah terjadi edema pada wajah |
||||
10. Memeriksa apakah mata :
|
||||
11. Memeriksa
apakah rahang pucat dan memeriksa gigi |
||||
12. Memeriksa dan meraba leher untuk mengetahui :
|
||||
C. DADA |
||||
PARU-PARU |
||||
13. Inspeksi :
kesimerisan bentuk dan gerak perafasan, warna kulit dada, retraksi, jaringan
perut |
||||
14. Palpasi : Gerakan dinding dada, tactil
vremitus secara sistematis |
||||
15.
Perkusi : Batas-batas paru secara sistematis |
||||
16. Auskultasi : bagian anterior |
||||
JANTUNG |
||||
17. Nilai bunyi jantung |
||||
PAYUDARA |
||||
18. Dengan posisi
klien disamping, memeriksa payudara :
|
||||
19. Pada saat klien megangkat tangan ke atas
kepala, memeriksa payudara untuk mengetahui adanya retraksi atau dimplig |
||||
20. Klien berbaring degan tangan kiri di atas,
lakukan palpasi secara sistematis pada payudara sebelah kiri (sesudah itu
sebelah kanan juga) dari arah payudara, axila dan notest, kalau-klau erdapat
:
|
||||
D. ABOMEN |
||||
21. Memeriksa
apakah terdapat bekas luka operasi 22. Mengukur
tiggi fundus uteri dengan meggunakan tangan (kalau > 12 minggu) atau pita
ukuran (kalau > 22 minggu) |
||||
23. Melakukan palpasi pada abdomen untuk
mengetahui leak, presentasi, posisi dan penurunan kepala janin |
||||
24. Menghitung
denyut jantung janin (dengan fetoskop kalau 18 minggu) |
||||
E.
PANGGUL: GENIALIA LUAR |
||||
25. Membantu klien mengambil posisi untuk
pemeriksaan paggul dan meutup tubuh untuk menjkaga privsi |
||||
26. Melepaskan
perhiasan di jari dan di lengan |
||||
27. Mencuci
tangan dengan sabun dan air, serta mengeringkannya engan menggunakan kain
yang bersih (atau di udara terbuka/kering) |
||||
28. Memakai
sarung tangan baru atau yang biasa dipakai lagi yang sudah didesinfeksi tanpa
terkontaminasi |
||||
29. Menjelaskan
tindkan yang dilakukan sambil terus melakukan pemeriksaan |
||||
30. Memisahkan
labia mayora dan memeriksa labia minora, kemudian klitoris, lubang uretra dan
introitus vagina untuk melihat adanya :
|
||||
31. Mengurut
uretra dan pembuluh skene untuk mengeluarkan cairan nanah dan darah |
||||
32. Melakukan
palpasi pada kelenjar bartholini untuk mengetahui adanya : a. Pembengkakan b. Massa atau
kista c. Cairan |
||||
33. Sambil melakukan pemeriksaan selalu mengamati
wajah ibu untuk mengetahui apakah ibu merasakan sakit atau nyeri karena
prosedur ini |
||||
F. PANGGUL :
PEMERIKSAAN MENGGUNAKAN SPEKULUM |
||||
34.
Memperlihatkan speculum kepada ibu sambil menjelaskan bahwa benda tersebut
akan dimasukkan ke dalam vagina ibu dan bagaimana hal ini akan terasa oleh
ibu |
||||
35. Menjelaskan
pada ibu bagaimana caranya agar rileks selama dilakukan pemeriksaan (misalnya
: bernafas melalui mulut atau dada atau lemaskan badan sambil kedua kaki
tetap diregangkan) |
||||
36. Meminta ib
untuk mengataka jika apa yang dilakukan menyebabkan ibu merasa tidak nyaman |
||||
37. Basahi
speculum dengan air (yang hangat jika memungkinkan) atatu lumuri dengan jeli
(jika idak ada spesime yang diambil) |
||||
38. Memegang
speculum dengan miring, memisahkan bagian labia dengan tangan yang lain dan
masukkan speculum dengan hati-hati, hindari menyentuh uretra dan clitoris |
||||
39. Memutar
speculum dan membuka (blade)nya untuk melihat serviks |
||||
40. Memeriksa
serviks untuk melihat adanya :
|
||||
41. Memeriksa
dinding vagina utuk melihat adanya :
|
||||
42. Menutup
mengeluarkan speculum secara hati-hati dengan posisi miring |
||||
43. Meletakkan
speculum yang sudah digunakan dalamseuah tempat unuk didekontaminasi |
||||
G. PANGGUL :
PEMERIKSAAN BIMANUAL |
||||
44. Menjelaskan kepada ibu bahwa pemeriksaan
dilakukan berkesinambungan dan apa yang akan dirasakan ibu |
||||
45. meminta ibu
untuk mengatakan kalau ibu merasa tidak nyman karena pemeriksaan yang
dilakkan |
||||
46. Memasukkan
dua jari ke dalam vagina, merenggangkan ke dua jari tersebu dan menekan ke
bawah |
||||
47. Mencari letak
serviks dn merasakan untuk mengetahui :
|
||||
48. Menggunakan 2
tangan (satu tangan di atas abdomen, 2 jari di dalam vagina) untuk palpasi
uterus (hanya pada trimester saja) :
|
||||
49.Melepaskan
tangan pelan-pelan, melepaskan sarung tagan dan meuaskannya ke dalam laruan
dekontaminasi |
||||
50. Membantu ibu
unuk bangun dari meja/tempat tidur/tikar pemeriksaan |
||||
51. Mengucapkan terima kasih atas kerjasama ibu dan meminta
ibu untuk mengenakan pakaiannya |
||||
52. Mencuci
tangan dengan sabun dan air serta mengeringkan di udara terbuka atau melapnya
dengan kain bersih |
||||
H. TANGAN DAN
KAKI |
||||
53. Memeriksa apakah tangan dan kaki : Edema dan
pucat pada kuku jari |
||||
54.
Memeriksa dan meraba kaki untuk mengetahui adanya varises |
||||
55. Mengukur lingkar lengan atas |
||||
56.Memeriksa refleks patella untuk melihat apakah
terjadi gerakan hypo atau hyper |
||||
I. PUNGGUNG |
||||
57. Inspeksi
kesimetrisan bentuk dan gerak, warna kulit, luka |
||||
58. Perkusi
bagian punggung secara sistematis |
||||
VII. PEMBELAJARAN/PENDIDIKAN KESEHATAN |
||||
59. Memberitahukan kepada ibu hasil temuan dalam
pemeriksaan |
||||
60. Memberithukan usia kehamilan |
||||
61. Megajari ibu megenai ketidaknyamanan yag
mungkin akan dialami ibu |
||||
62. Sesuai dengan usia kehamilan :
|
||||
SKOR NILAI = ∑ NILAI
X 100%
45 |
||||
TANGGAL |
||||
PARAF PEMBIMBING |
Nilai :
Pekanbaru, 2 Januari 2017
Penanggung
Jawab Mata Kuliah
Asuhan Kebidanan Kehamilan
Indah Setia
Ningsih, Str..Keb
Komentar
Posting Komentar